6 Ciri Wanita Mandul Atau Subur

Terkisahkan oleh salah satu lagu dangdut Bang Haji Roma Irama yang berjudul Mandul, lagu ini seolah mewakili dari sekian ratus bahkan ribu pasangan yang merasakan kemandulan, baik dari sang suaminya atau dari istrinya, saya menulis artikel ini bukan untuk menyindir siapa-siapa, namun hanya bertujuan memberikan informasi agar kita mengetahui ciri-ciri wanita mandul dan subur sejak dini, agar kita mengetahui seberapa besar tingkat kesuburan kita.

Banyak yang resah dan gelisah ketika pasangan suami istri sudah 2 tahun misalnya menikah namun tidak juga kujung adanya tanda-tanda kehamilan, padahal mereka mengklaim semuanya subur, tapi ternyata sudah lama menjalani pernikahan belum juga ada tanda-tanda hamil, dan mulailah sedikit demi sedikit dari salah satu PASUTRI ini melakukan test secara diam-diam atau terang-terangan, ada juga yang mulai mencurigai adanya yang mandul diantara mereka, tidak banyak yang mau menerima keadaan seperti ini, banyak PASUTRI yang hubungan pernikahannya retak dan hancur akibat kemandulan, karna alasan mereka adalah tidak punya generasi penerus, dan akhirnya perceraiapun terjadi, atau bagi pasutri yang tidak mau bercerai perselingkuhan adanya WIL dan PIL dilakukan.

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi tentang 6 ciri wanita mandul dan subur, informasi ini pun hasil saya baca dari berbagai sumber, yang semoga bermanfaat untuk anda yang mungkin ingin mengetahui kondisi tubuhnya mandul atau tidak, silahkan disimak,

Ciri Wanita Mandul dan Subur :

1. Merokok
Tidak sedikit dari kalangan wanita yang suka dengan rokok, bisa dibilang sangat banyak, baik perokok pasiv atau aktif, bagi wanita yang tidak merokok memiliki potensi besar untuk mendapatkan kehamilan dari pada wanita perokok, sekitar 43 % wanita perokok   memiliki penurunan tingkat kesuburan sedangkan bagi yang tidak perokok akan jauh lebih besar akan mendapatkan kehamilan. Statistik ini akan meningkat jika sang suaminya pun merokok.

Bahayanya rokok bagi kesuburan wanita adalah adanya bahan kimia yang terkandung didalam rokok yang akan merusak sel telur, dan akan menimbulkan ovulasi secara seporadis yang bukan hanya membuat wanita sulit hamil namun juga meningkatkan resiko keguguran.

2.Alat Kontrasepsi
Seorang wanita yang sering menggunakan alat kontrasepsi dan dalam jangka yang sangat lama, maka ketika dia ingin hamil dengan melepas alat kontrasepsinya dibutuhkan waktu yang sangat lama, karena tubuh yang selama ini dipasang alat kontrasepsi harus beradaptasi kembali. Kurang lebih membutuhkan waktu Satu Tahun untuk tubuh menjadi normal kembali.

Tubuh yang sangat lama menggunakan alat kontrasepsi juga akan mengatur ulang siklus haid dan ovulasi agar kesuburan meningkat kembali, meskipun mungkin Haid sudah normal kembali siklusnya, namun siklus ovulasi membutuhkan waktu yang cukup lama untuk kembali normal dan sehat seperti biasa. Tapi anda jangan khawatir juga, karena dengan menggunakan kontrasepsi tidak ditemukan indikasi atau menjadi penyebab kemandulan.

3. Stress 
Stress adalah ganguan kejiwaan baik disebabkan faktor fisik atau psikis, stress ternyata menjadi penyebab terbesar juga bagi seorang wanita sulit hamil. Stress sering terjadi pada wanita yang hidup didaerah perkotaan, karena di Kota besar biasanya tingkat persaingan, kepentingan dan juga konplik sangat sering terjadi dan tinggi.

Jika wanita sedang mengalami stress, apalagi stress tingkat tinggi, maka secara otomatis tubuhnya akan menghasilkan Hormon Kortisol dan Prolaktin dalam jumlah banyak, hormon ini akan menggangu secar aktif dan lebih bahaya dari itu ialah akan menghentikan ovulasi, Bahayanya stress jika dialami dalam jangka panjang adalah kondisi tubuh akan menurun dan kekebalan tubuh akan berkurang, sehingga kehamilanpun akan sangat sulit terjadi. menghindari stress adalah langkah awal dan tepat agar tubuh anda normal.

4. Mengidap Penyakit Menular
Mengidap penyakit menular juga akan berakibat sulitnya terjadi kehamilan, penyakit menular banyak jenisnya, dan inilah beberapa contoh penyakit menular yang lebih sering terjadi adalah penyakit menular seksual (PMS) yaitu Klamidia dan Gonore, yang menyebabkan peradangan di panggul yang lebih terkenal dengna sebutan Pelvic Inflammatory Disease (PID) penyakit ini sangat cepat menyebar ke bagian Reproduksi dan kemudian infeksi dapat menyebabkan terjadinya parut didaerah Tuba Falopi, Ovarium, dan organ lainnya sehingga dapat mencegah terjadinya ovulasi dan tentu ini akan menyulitkan sipenderita hamil.

5. Over Berat Badan (Terlalu Gemuk / Kurus)
Bagi anda yang mempunyai masalah dalam berat badan, baik terlalu gemuk atau kurus, biasanya masalah ini akan  menyebabkan kehamilan anda terganggu, dan memperlambat terjadinya ovulasi. Ovulasi akan terganggu karena hormon dalam organ tubuh terganggu, kinerjanya kurang baik sehingga ovulasi terganggu. Bahkan jika ini dibiarkan berlanjut dan semakin ekstrim maka akan mengakibatkan ovulasi berhenti.

6. Siklus Haid Lancar
 Siklus haid lancar adalah ciri wanita normal dan subur, karena pada dasarnya ovulasi terjadi karena adanay siklus Haid, maka ketika dalam siklus ovulasi terjadi atau masa subur banyak dokter yang menyerankan untuk berhubungan intim bagi pasangan yang ingin atau dalam program Hamil, Ovulasi adalah proses pelepasan sel telur yang sudah matang dan siap dibuahi oleh sperma.

Nah ciri-ciri diatas menunjukan bahwa jika seorang wanita tidak merokok, tidak menggunakan alat kontrasevsi dalam jangka panjang tidak mengalami stress, berat badan normal, tidak mengidap penyakit menular dan siklus Haid lancar, maka bisa dipastikan wanita ini tidak mandul atau dalam kondisi subur, namun sebaliknya jika semua ciri diatas terganggu, maka wanita ini punya kelainan dan bisa juga mempunyai kemandulan, semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.





0 Response to "6 Ciri Wanita Mandul Atau Subur"

Posting Komentar

Silahkan Komen Agan dan Sista, Tapi Yang Sopan dan Jangan Nyampah